Jumat, 05 Februari 2016

SUPER OCL 500 WATT

Super ocl 500 Watt atau sering disebut dengan SOCL 500 WATT.
Pastinya tidak asing lagi bagi yang hobi elektronika,mulai dr yang sudah senior sampai pemula seperti saya.

Socl 500 Watt schematic:

 
Skema ini saya dapat dari salah satu blog,untuk lebih jelasnya klik disini.
Kali ini saya tidak membahas mengenai apa itu SOCL500 WATT ,tetepi saya akan share skema yg lebih jelas lengkap dengan layoutnya kepada sobat semua.
Ok…langsung to the poin aja….

Socl 500 watt schematic:


Di skema ini mungkin lebih jelas dan mudah dipahami karena nilai komponen langsung tertera.

Untuk layout versi saya bias dilihat dibawah ini:


Layout diatas di desain dengan pad yg lebih besar, jalur yg lebih tebal & ground dibuat melingkar. Keuntungan bisa menghemat ferriclhorida (FeCl3).
Disisi lain juga ada kerugiannya yaitu boros tinta bagi pengguna sablon,tetapi yg namanya hobi biasanya tidak mengenal untung/rugi…benarkah demikian..??? hehehe….. 
Tr vas & tr triver sengaja dibuat tidur supaya terlihat menarik.

Silscreen:

X-Ray:


Karena menurut saya kurang bagus maka layout diatas saya perbarui.

SOCL500 WATT + FINAL :

 X-Ray:

SOCL500 WATT TANPA FINAL :

X-Ray:
 


Karena saya sendiri belum sempat buat untuk tanya2 bisa datang ke mbah google. Layout power suppy bisa dilihat di postingan saya sebelumnya dengan menyesuaikan voltase elco dengan suplly trafo agar elco tidak kembung.

NB: 
  • Teliti dulu sebelum membuat.
  • Kerugian akibat praktek bukan tanggung jawab  saya.


Kiranya sekian dulu semoga bermanfaat bagi semuanya……


Baca juga :

19 komentar:

  1. yg sudah jadi apa tersedia mas bro.wa 085735548057

    BalasHapus
  2. Pesan pcb socl kemana ya bos,tlng minta alamatnya,atau n0 tlpn

    BalasHapus
  3. Ugix surya

    Ukuran sudah tertara di papan pcb 70mmX80mm

    BalasHapus
  4. Anybody can tell me the exact supply voltage of the 2 SOCL power amp

    BalasHapus
  5. mas 70x80 apa 70x60 yg bener yg mana terus tingginya berapa dan lebarnya berapa

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Resistor 1/2 watt-1/4watt brp biji..? Dan resistor 1-2watt brp biji mas??..

      Hapus
  7. Hello.. wish you can translate this to English...It will be nice. I like your work

    BalasHapus
  8. Minta daftar komponen socl 504 bos

    BalasHapus
  9. Cara setting bias dan dco nya bgmn mas

    BalasHapus
  10. jika Super OCL 500 WATT ini mau di TEF .
    bagaimanakah caranya.

    BalasHapus
  11. TR driver kok pake TIP .

    42VAC LANGSUNG NGEBUL

    BalasHapus
  12. Keren gan Ini yang saya Cari makasih gan info nya
    Blogkamarku

    BalasHapus