Kamis, 18 Juli 2024

4 CHANNEL AUDIO DISTRIBUTOR


Berawal dari anak-anak di RT yang ingin menyelenggarakan kegitan malam tirakatan dan nguntir bareng miniatur dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang ke 79 (2024). Dengan peralatan yang seadanya, muncullah sebuah ide untuk membuat Audio Distributor plus module MP5 Bluetooth.

Audio distributor adalah rangkaian audio yang berfungsi sebagai pembagi out audio dari  mixer/equalizer ke beberapa power. Dalam Sound system atau rangkaian Audio sering menggunakan suatu rangkaian audio amplifier yang berjumlah lebih dari 1 buah. Sementara output pada mixer hanya mempunyai 2 channel keluaran. Maka perlu digunakan suatu rangkaian pendistribusi dari output ke masing-masing rangkaian penguat. Dengan adanya rangkaian distribusi sinyal audio akan didapatkan sinyal masukan ke masing-masing amplifier yang mempunyai penguatan yang sama, sehingga output dari amplifier nantinya akan menghasilkan sinyal yang berkualitas (tidak cacat) dan pembagian antara input masing-masing power dapat sama rata.

Diawali dengan mendesain PCB, mendesian pannel 1U, memesan pannel sampai perakitan.



Poses perakitan


Hasil akhir


Bagi teman-teman yang ingin mencoba bisa mendownload file desain PCB disini sekaligus file pannel 1U bisa didownload disini.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar